Selasa, 29 Desember 2009

PDIP USULKAN TIGA NAMA CALON BUPATI TRENGGALEK

Trenggalek, 23/12  - DPC PDI Perjuangan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, akhirnya meloloskan tiga nama bakal calon bupati setempat untuk periode 2010-2015.

Kepastian nama calon yang dinyatakan lolos verifikasi itu secara resmi disampaikan DPC PDIP Trenggalek melalui rapat kerja cabang khusus (Rakercabsus), Rabu.

Ketiga nama bakal calon tersebut masing-masing adalah mantan Bupati Trenggalek periode 2000-2015 Mulyadi, Bupati Trenggalek yang saat ini masih menjabat ("incumbent") Soeharto, serta Kepala SMAN 1 Panggul Muksim.

"Pak Mul (Mulyadi) dan Pak Harto diusulkan ke DPP melalui DPD PDIP Jatim sebagai cabup, sementara Muksim sebagai cawabup," kata anggota tim verifikasi DPC PDIP Trenggalek Hamzah Abdillah.

Bakal calon yang mendaftar ke panitia penjaringan PDIP sebenarnya ada lima orang. 

Selain ketiga nama yang sudah dinyatakan lolos verifikasi di atas, terdapat nama Ketua organisasi sayap PDIP Suryanto serta anggota DPRD Trenggalek dari Fraksi PDIP Agung Suprianto.

Namun, dua orang yang disebut terakhir ini hingga detik-detik akhir jadwal pengembalian formulir pendaftaran tidak mengkonfirmasi pencalonannya kembali, sehingga tim verifikasi menyatakan keduanya "gugur".

Menariknya, di antara ketiga calon yang telah dinyatakan lolos tadi, nama Muksim sebenarnya terdaftar sebagai bakal calon bupati seperti juga Mulyadi dan Soeharto.

Tetapi, setelah dilakukan rapat pleno pimpinan DPC PDIP Trenggalek yang digelar Selasa (22/12), guru senior yang kini masih aktif menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Panggul tersebut, "diloloskan" dengan posisi bakal calon wakil bupati.

"Perubahan itu dilakukan setelah tim melakukan klarifikasi dan verifikasi kepada yang bersangkutan, dan dia menyatakan ingin maju sebagai bacawabup, bukan bacabup," kata Hamzah berkilah.

Sesuai prosedur penjaringan, DPC PDIP Trenggalek akan mengusulkan ketiga nama calon yang telah dinyatakan lolos tersebut kepada DPD PDIP Jatim, untuk kemudian diteruskan ke DPP PDIP di Jakarta.

Salah satu dari nama-nama yang telah diusulkan itulah yang nantinya akan mendapat rekomendasi dari DPP PDIP untuk diusung secara resmi sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Trenggalek periode 2010-2015.

Saat ini tim dari DPP sudah melakukan survei ke seluruh PAC (pengurus anak cabang) di Trenggalek untuk mengetahui "elektabilitas serta "ekseptabilitas" masing-masing. 

"Mana yang paling besar dukungan serta peluangnya untuk menang pemilukada (pemilihan umum kepala daerah) 2010, dialah yang akan direkomendasi oleh DPP," ujar sekretaris DPD PDIP Jatim Kusnadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar