Selasa, 29 Desember 2009

DINAS PARIWISATA KERAHKAN PERSONEL ANTISIPASI LONJAKAN PENGUNJUNG

Trenggalek, 27/12  - Dinas Pariwisata Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengerahkan seluruh personelnya untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung di sejumlah obyek wisata selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2010.

"Kami telah menerjunkan 30 personel tambahan untuk membantu pengelolaan beberapa obyek pariwisata, hingga sepekan ke depan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Trenggalek Kusprigianto, Minggu.

Tiga puluh personel yang dimaksud mantan Kabid SMP/SMA Dinas Pendidikan itu, adalah pegawai organik yang selama ini bertugas di kantor pusat Dinas Pariwisata yang kini dipimpinnya.

Mereka rencananya akan diperbantukan mulai Kamis (24/12) hingga 2 Januari 2010, membantu 38 personel organik lain yang selama ini bertugas di empat unit pelayanan teknis daerah (UPTD) Pariwisata seperti UPTD Wisata Prigi, pantai Panggul, pantai Damas, serta kolam renang Jwalita.

Kusprigianto menjelaskan, kebijakan lembur bagi pegawai di Dinas Pariwisata sengaja diberlakukan, untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung di sejumlah obyek wisata andalan Kota Keripik Tempe tersebut.

Tujuannya, selain untuk memberikan layanan maksimal pada masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke obyek-obyek wisata tadi, pemerintah daerah juga berkepentingan dalam upayanya mendongkrak pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata.

Tidak tanggung-tanggung, selama sepekan musim libur Natal dan Tahun Baru kali ini Dinas Pariwisata menargetkan PAD sebesar Rp200 juta.

Pendapatan sebesar itu terutama diharapkan bisa terpenuhi dari lonjakan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun asing yang biasanya "membanjiri" Pantai Prigi dan Karanggongso (Pasir Putih).

"Kami juga berharap pemasukan yang lebih banyak dari obyek pariwisata Pantai Panggul, Damas, serta Kolam Renang Jwalita, meskipun dengan skala (PAD) yang lebih kecil sebagaimana pengalaman tahun-tahun sebelumnya," tutur Kusprigianto.

Untuk itulah, seluruh petugas di Dinas Pariwisata dia instruksikan untuk bekerja lembur. 

Sebagai gambaran, statistik kunjungan wisatawan di sejumlah obyek pariwisata di Trenggalek saat libur Natal (Jumat, 25/12), meningkat pesat.

Di UPTD wisata Prigi, misalnya, jika pada hari libur biasa atau setiap Sabtu-Minggu volume wisatawan hanya di kisaran 1.500 hingga 2.000 orang, saat libur Natal lalu jumlahnya melonjak hingga kisaran 7.500-an orang.

Statistik kunjungan tersebut diperkirakan akan terus meningkat hingga 1 Januari 2010.

Peluang PAD dari retribusi tiket masuk, parkir, serta berbagai fasilitas hiburan di dalam setiap obyek pariwisata itulah yang kini tengah dimaksimalkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Trenggalek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar